Pita Berwarna Pink

Published October 4, 2012 by bulbullucu

Bulan Oktober merupakan bulan yang istimewa, dimana pada bulan ini masyarakat diajak untuk ikut serta dalam Kampanye Peduli Kanker Payudara. Kampanye yang berlangsung selama 1 bulan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama wanita, terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara.

Selain kanker kulit (tidak termasuk melanoma), kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling sering terjadi pada kaum wanita. Pada wanita Hispanik, kanker payudara menjadi kanker no. 1 penyebab kematian. Pada tahun 2004, sebanyak 186.772 wanita dan 1.815 pria diketahui mengidap kanker payudara, dimana 25% diantaranya meninggal dunia.

Program The National Breast Cancer Awareness (NBCAM) pertama kali didirikan pada tahun 1985 oleh Zeneca. Pada awalnya, kampanye yang berlangsung selama 1 minggu ini bertujuan untuk mempromosikan mammografi sebagai salah satu senjata paling efektif dalam memerangi kanker payudara. NBCAM sekarang telah menjadi fenomena yang mendunia, dengan berbagai acara dan aktivitas sepanjang bulan Oktober untuk meningkatkan kepedulian dan sekaligus mengumpulkan dana.

 

Pita Pink

Pita pink merupakan simbol internasional yang melambangkan kepedulian terhadap kanker payudara. Pita pink (dan warna pink secara umum) mengidentifikasikan sang pemakai dengan gerakan peduli kanker payudara dan memberikan dukungan moral terhadap wanita penderita kanker payudara. Bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara dan pita pink sering dijumpai pada bulan ini.

Penggunaan pita pink sebagai lambang kanker payudara dimulai pada tahun 1991 ketika Yayasan Susah G. Komen membagi-bagikan pita pink kepada survivorkanker payudara. Tahun berikutnya, pita pink diadopsi sebagai simbol resmi “bulan peduli kanker payudara”.

Pita Pink

 

Makna Pita Pink

Dalam budaya Barat modern, warna pink (merah muda) dianggap sebagai warna yang feminin. Warna ini membangkitkan emosi feminin, kepedulian terhadap orang lain, kecantikan, kebaikan dan kerja sama.

Pita pink menggambarkan rasa takut terhadap kanker payudara, harapan akan masa depan, dan kebaikan pihak-pihak yang mendukung gerakan peduli kanker payudara. Diharapkan pita pink dapat memupuk rasa solidaritas antar wanita yang menderita kanker payudara.

Selain digunakan untuk kanker payudara, pita pink secara umum juga melambangkan niat baik terhadap wanita. Dengan membeli, memakai, menampilkan atau mensponsori pita pink, seseorang memberi sinyal bahwa yang bersangkutan peduli terhadap wanita. Pita pink telah menjadi suatu merk atau brand yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan promosi kepada wanita sebagai pihak yang sosial dan peduli.

 

Evelyn Lauder, Penggagas Pita Pink Pejuang Antikanker

Evelyn Lauder Penggagas Pita Pink Pejuang Antikanker

Berpulangnya Evelyn Lauder Sabtu,12 November 2011 memberikan duka tersendiri bagi kaum perempuan di seluruhnya dunia. Pasalnya, dia adalah sosok yang memberikan harapan untuk ribuan perempuan penderita kanker payudara dengan kampanye pita pink-nya.

Meski bergelut dengan kanker payudara, Lauder justru menyerah karena kanker ovarium monogenetik pada usia 75 tahun di kediamannya di Manhattan.

Sebelum menjadi sosialita dan menantu putri Estee Lauder, Evelyn adalah seorang anak perempuan biasa yang terlahir di Wina, Austria, pada 1936, namun ia telah hijrah ke New York bersama dengan keluarganya sejak 1940.

Keluarga Evelyn lalu membuka usaha toko baju. Berkat itu, ia bertemu dengan putra Estee Lauder, melalui kencan buta yang berakhir dengan pernikahan. Segera setelah menikah pada 1959, ia langsung bergabung dengan perusahaan kosmetik keluarga Leonard. Di Estee Lauder, Evelyn banyak peran termasuk menciptakan program pelatihan dan menjadi direktur produk baru dan pemasaran.

Evelyn didiagnosis menderita kanker ovarium pada 1989 yang ditengarai merupakan kelanjutan dari kanker payudaranya. Bukannya bersedih atau pesimistis, Evelyn malah bertekad menunjukkan kepada dunia bagaimana dukungan, perawatan, diagnosis dini dan waspada bisa membantu jutaan perempuan mengalahkan kanker payudara. Evelyn juga mampu bertahan hidup dengan suami dan putra-putranya, William dan Gary, serta lima cucu.

Ia pun menginisiasi kampanye pita pink yang kemudian menjadi simbol global penelitian kanker payudara. Evelyn juga mendirikan Yayasan Penelitian Kanker Payudara pada 1993 yang telah mengumpulkan dana lebih dari US$350 juta.

Tekad Evelyn memang terbilang luar biasa karena ia mempu memberikan harapan kepada mereka yang berpikir bahwa kanker payudara adalah akhir dari segalanya, padahal tidak. Pita pink yang digagas Evelyn memiliki makna harapan, kesehatan, dan keajaiban ilmu pengetahuan dalam meningkatkan mutu kehidupan banyak orang.

 

 

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: