Gerson Therapy

Published October 1, 2012 by bulbullucu

Gerson Therapy atau GT adalah terapi penyembuhan alternatif untuk berbagai penyakit terutama kanker. Sering juga disebut sebagai Nutrition Therapy (terapi nutrisi) atau Juice Therapy (terapi jus). GT terbukti sangat efektif untuk menyembuhkan kanker, namun juga luas dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan digunakan oleh orang sehat untuk merawat kesehatannya.

Jus untuk terapi kanker.

Terapi ini didasarkan pada kepercayaan bahwa tubuh akan sehat bila kita tidak memasukkan racun ke dalam tubuh kita sendiri. Tubuh yang sehat memiliki kemampuan untuk mengobati dirinya sendiri dengan menggunakan daya kekebalannya sendiri. Secara khusus penyakit kanker dipercaya sebagai akibat menumpuknya racun (toksin) di dalam tubuh yang mengakibatkan perubahan metabolisme dan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Gerson Therapy tidak menyembuhkan penyakit secara langsung, melainkan membangun sistem kekebalan tubuh semaksimum mungkin, dan pada gilirannya badan akan melawan dan mengusir penyakit dari tubuhnya sendiri. Proses ini dapat berlangsung sangat cepat dan langsung dirasakan. GT tidak menggunakan obat obatan kimia maupun sintetik, dan tidak mencoba mengobati symptom atau gejala yang terlihat (misalkan bila kepala pusing diberi panadol), sebab yang diperlukan adalah ”mengobati” sumber penyakit itu,bukan gejala yang terlihat.

Pelaksanaan Gerson Therapy memiliki empat pilar penting yang sederhana, namun dapat menjaga kesehatan badan dan menyembuhkan penyakit berat seperti kanker, diabetes, darah tinggi, jantung, lever, dan lain-lain. Yakni:

  • JANGAN MEMASUKKAN RACUN KE DALAM BADAN KITA

Penderita kanker memiliki kondisi tubuh yang rentan, di mana selsel tubuh sangat peka untuk mengikat racun yang ada disekelilingnya. Kita perlu mengetahui setiap bahan yang kita masukkan ke badan kita sehari-hari dan menghindari bahan yang mengandung toxin/racun. Berikut ini ada sejumlah contoh bahan dan bahan makanan yang perlu dihindari:

Pestisida atau bahan makanan yang mengandung pestisida. Pestisida secara langsung dapat masuk ke dalam tubuh melalui racun serangga (misalnya semprotan nyamuk, herbisida tanaman, dll) atau bahan makanan yang dibudidayakan dengan menggunakan pestisida, dimana pestisida akan meninggalkan residu pada bahan makanan dan akhirnya masuk ke tubuh kita.

Logam berat. Dapat masuk ketubuh kita melalui udara yang mengandung polutan seperti timah hitam atau mercury. Khusus untuk masyarakat urban atau kota, racun ini didapati pada udara yang terpolusi sisa asap bahan bakar. Mercury juga masuk ke dalam tubuh dari bahan penambal gigi (root canal) dan melalui vaksinasi yang semuanya mengandung logam berat.

Chlorine. Bahan ini merupakan racun kedua yang paling berbahaya setelah sianida dan merupakan substansi penghasil kanker. Terbanyak didapat dari air minum yang ber-chlorine (air PDAM perkotaan) maupun dari pasta gigi ber-chlorine. Untuk itu usahakan mengkonsumsi air yang tidak ber-chlorine (air sumur dan jangan ditambah chlorine) dan pakai odol yang tidak ber-chlorine.

Protein hewani. Daging hewan mengandung sejumlah substansi yang sangat toksik, dapat menambah lemak jenuh di dalam darah dan sejumlah substansi yang tidak gampang dicerna oleh lambung dan secara tidak langsung menghasilkan gangguan pada organ tubuh. Hindari makanan hewani atau sedapat mungkin tidak mengkonsumsi dalam jumlah besar dan rutin. Perlu diketahui bahwa struktur organ manusia tidak dirancang untuk menjadi carnivore (pemakan daging). Manusia merupakan herbivore (pemakan tumbuhan), jadi manusia tidak memerlukan daging dalam dietnya. Anggapan bahwa manusia sangat membutuhkan protein hewani dalam konsep makanan “sehat” adalah salah. Daging dapat dikonsumsi, namun tidak berarti kita harus mengkonsumsinya. Termasuk di dalamnya adalah bahan pangan dari susu (mentega, keju). Sistem peternakan hewan pada jaman ini juga menggunakan antibiotik, hormon, dan bahan kimia dalam jumlah besar, yang mencemarkan kualitas produk hewani.

Makanan olahan (processed food) termasuk makanan yang diawetkan, asinan, makanan kaleng, minuman botol/kotak, dll. Makanan yang dimasak menggunakan wadah dari besi, aluminium, tembaga, dan teflon. Bahan ini akan meracuni makanan.

MSG (monosodium glutamate) atau bahan penyedap makanan. Bahan ini tidak memiliki nutrisi apa-apa dan meracuni otak. GMO (genetically modified organism), yaitu bahan pangan yang secara genetik telah dimodifikasi. Paling banyak terdapat pada kacang kedele dan jagung. Bahan makanan ini mengandung sel-sel bermutasi yang berbahaya bagi tubuh.

Bahan-bahan yang masuk melalui kulit, berupa bahan kimia beracun yang ada di dalam bahan pembersih, kosmetik, atau obat.

Daftar diatas merupakan daftar utama dan masih belum lengkap, namun pada intinya bahwa penderita harus menghindari bahan makanan atau masukan berisi racun yang dapat mempengaruhi kesehatan.

  • MEMASUKKAN MAKANAN YANG BERNILAI NUTRISI TINGGI DAN MEMBANTU PERTUMBUHAN SEL BARU (CELL REGENERATION) 

Pertanyaannya adalah: apakah makanan yang baik untuk dimakan? Daftarnya juga panjang, namun pada dasarnya adalah:

Sayuran organik (definisi organik disini sangat luas, tetapi pada dasarnya penanamannya tidak menggunakan pestisida maupun pupuk kimia sintetik dan ditanam pada lahan yang belum tercemar). Buah-buahan organik. Sejumlah biji-bijian (tidak seluruhnya). Ikan (dalam jumlah kecil, untuk pasien penyakit berat tidak direkomendasikan). Daging (dalam jumlah kecil, untuk pasien penyakit berat tidak direkomendasikan).

Sel badan beregenerasi setiap saat. Sebagai contoh, hati beregenerasi setiap enam minggu sekali, dan untuk dapat mengganti sel rusak dengan sel yang baik dibutuhkan badan yang sehat. Makanan yang terbaik untuk dapat mengganti sel yang rusak adalah sayuran dan buah-buahan. Karenanya perlu dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan dalam kualitas yang baik. Bahan makanan lainnya terbukti tidak banyak berpengaruh terhadap penggantian sel yang baik. Khususnya untuk penderita penyakit berat, regenerasi sel sangat diperlukan dan untuk itu pasien dianjurkan oleh GT untuk memakan sayur dan buah saja (vegetarian) untuk masa tertentu guna pengobatan. Secara rinci perlu diterangkan aplikasinya, karena ini merupakan tulang punggung keberhasilan terapi ini.

Makanan vegetarian untuk Gerson Therapy

  • MENGELUARKAN TOKSIN DARI BADAN KITA DENGAN BERBAGAI CARA

Cara yang umum adalah memakan makanan yang bersifat antioksidan. Makanan seperti ini banyak didapatkan pada sayur dan buah dan menguatkan apa yang diterangkan pada pilar kedua diatas kedua di atas. Cara lain adalah menggunakan cara “coffee enema”, yaitu menggunakan cairan kopi yang dimasukkan ke dalam usus bagian bawah dengan maksud untuk membersihkan darah dan lever/hati. Organ hati merupakan organ terpenting di dalam tubuh khusus untuk pembersihan toksin karena lever akan membersihkan seluruh darah yang mengalir melaluinya.

  • MENGKONSUMSI MAKANAN TAMBAHAN YANG TIDAK DICUKUPI DALAM MAKANAN SEHARI-HARI

Sejumlah bahan makanan suplemen dan substansi organik dikenal dalam GT untuk menguatkan organ tubuh kita. Sebagai contoh:

Vitamin C, kegunaannya umum. Dalam jumlah yang besar (megadose) vitamin C dapat berfungsi sebagai antibiotik maupun antivirus. Vitamin B-3 (niacin), berguna untuk aliran darah, jantung dan syaraf. Vit B-12, berguna untuk jantung. Thyroid, berguna untuk metabolisme badan. Pancreatin, menguatkan panreas. K-solution (potassium) untuk menambah unsur K dalam sel badan.

Suplemen ini praktis tidak dibutuhkan bila kualitas makanan yang dikonsumsi sehari-hari baik, namun untuk penderita kanker, penambahan beberapa suplemen ini diangap sangat membantu proses penyembuhan. Suplemen yang dipakai pada GT hampir seluruhnya hanya berupa vitamin dan bahan organik, bukan obat kimia maupun sintetik.

Gerson Therapy tidak membedakan jenis kanker dan karena itu relatif mudah dikerjakan. Mengapa tidak dibedakan? Alasannya adalah karena GT tidak mengobati kankernya secara langsung, tetapi memperkuat tubuh secara maksimal dan selanjutnya tubuh akan mengobati dirinya sendiri. Hal ini perlu diterangkan secara jelas, karena di dunia kedokteran konvensional, mereka membeda-bedakan cara pengobatan berbagai tipe kanker, sehingga pasien sering menanyakan mengapa GT tidak membedakannya.

Yang membedakan cara terapi untuk pasien kanker adalah pasien yang sudah pernah dikemo atau radiasi dengan pasien yang sama sekali belum diradiasi atau kemoterapi. Perbedaan ini ada karena GT beranggapan bahwa pasien yang dikemo atau radiasi seluruhnya memiliki kondisi tubuh yang relatif lebih buruk dan juga di badan mereka terkandung zat beracun yang mengendap di dalam sel-sel tubuh. Untuk ini GT akan melakukan terapi pendahuluan untuk mengeluarkan racun tersebut, yang umumnya memakan waktu hingga enam bulan, baru kemudian GT secara normal dapat dilakukan.

Pemakaian GT untuk penyembuhan penyakit lain ataupun merawat tubuh yang sehat memiliki cara yang berbeda dengan penyembuhan kanker. GT dapat dilaksanakan semua orang, tetapi memerlukan pendamping yang mengerti mengenai terapi ini dan dapat membantu pasien secara fisik dan mental. Umumnya pendamping ini adalah anggota keluarga yang telah dilatih dengan baik.

Perlu diketahui bahwa berdasarkan statistik pengobatan untuk kanker, GT terbukti dapat mengobati seluruh jenis kanker untuk stadium 1 dan 2 dengan tingkat kesuksesan 95%, sedangkan untuk stadium 3 dan 4 keberhasilannya minimal 50%. Kegagalan yang terjadi sebagian besar karena pasien telah mengikuti program kemoterapi atau radiasi terlebih dahulu, sehingga kondisi pasien sangat buruk dan tidak memiliki daya kekebalan tubuh apapun. Kegagalan juga terjadi jika pasien tidak cukup disiplin untuk mengikuti cara GT.

GT dikembangkan oleh Dr. Max Gerson yang telah meninggal tahun 1959 dalam umur 78 tahun dan kini dilanjutkan oleh anak perempuannya Charlotte Gerson dan cucunya Dr. Howard Gerson. Dr. Gerson dianggap sebagai seorang genius dan diabadikan di dalam “hall of fame” untuk bidang “orthomolecular” yang meneliti mengenai perilaku sel tubuh.

Dr. Max Gerson memiliki pandangan yang sangat berbeda mengenai metoda pengobatan walaupun ia sendiri adalah seorang dokter. Ia sangat kritis terhadap pengaruh pabrik farmasi yang berusaha menjual obat-obat berbahaya dan tidak berguna melalui sistem pengobatan modern sekarang ini. Perbedaan pandangan ini sedemikian jauhnya, sehingga di beberapa negara klinik khusus untuk Gerson Therapy tidak diperkenankan untuk beroperasi. Di USA Gerson Therapy dianggap sebagai pengobatan alternatif dan tidak mendapat respons baik dari praktisi pengobatan modern.

 

 

Copy-Paste dari : http://rumahkanker.com/pengobatan/alternatif/65-gerson-therapy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: