Radioterapi Efektif Atasi Kanker

Published September 27, 2012 by bulbullucu

RADIOTERAPI merupakan salah satu modalitas utama untuk menangani penyakit kanker, di samping pembedahan dan obat-obatan. Radioterapi juga tidak menimbulkan efek samping yang signifikan.
Berbicara metode radioterapi untuk pengobatan sejumlah penyakit kanker, orang langsung tertuju pada efek samping yang akan ditimbulkannya. Di masyarakat sudah banyak beredar kabar terkait bahaya sinar radioaktif bagi kesehatan, terutama memengaruhi daya kerja organ tubuh. Tidak heran, cakupan layanan radioterapi di Indonesia masih sangat rendah, yakni baru mencapai 10%–15% dari kebutuhan.

Padahal, radioterapi merupakan salah satu modalitas utama dalam penanganan penyakit kanker, di samping pembedahan dan obatobatan. Jika ditangani dengan tepat, tindakan radioterapi tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebihan. Ketua Kelompok Staf Medis Fungsional (KSMF) Onkologi Radiasi Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais, dr Defrizal MD memaparkan, pelayanan radioterapi baru mencakup 15.000–18.000 pasien kanker per tahun.
Padahal, ada lebih dari 200.000 penderita kanker stadium lanjut yang membutuhkan tindakan radioterapi.

“Berarti masih banyak yang belum tertangani. Di beberapa rumah sakit, bahkan pasien harus menunggu dua sampai tiga bulan untuk mendapatkan layanan radioterapi. Jangkauannya memang masih kurang,” kata dia di acara seminar awam Pelayanan Radioterapi Terkini pada Pengobatan Kanker di Auditorium RS Kanker Dharmais, Jakarta, belum lama ini.

Saat ini, Defrizal menuturkan, ada sekitar 20 RS yang menjadi sentra pelayanan kanker yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Enam di antaranya berada di Jakarta. Sementara, di Sumatera sendiri ada empat buah, sedangkan di Sulawesi dan Kalimantan masing-masing hanya satu tempat. Sisanya tersebar di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

”Selain tidak merata dalam hal lokasi pelayanannya, kompetensi tenaga medis maupun dokternya juga tidak sama satu tempat dengan yang lain. Situasi ini menjadi alasan banyaknya pasien kanker yang mencari pengobatan di luar medis, seperti ke dukun atau paranormal,” imbuhnya.

Radioterapi sendiri merupakan metode pengobatan kanker dengan menggunakan energi pengion (x-ray, zat radioaktif), di samping pembedahan dan obatobatan. Tujuan radioterapi di antaranya ada dua, yaitu tujuan kuratif untuk kesembuhan dan tujuan paliatif dalam rangka memperbaiki kualitas hidup penderita. Dia menyebutkan, radioterapi dapat digunakan untuk pengobatan beberapa jenis kanker, seperti kanker nasofaring, kanker paru, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker usus, kanker kelenjar getah bening, tumor otak, dan lainnya.

Dalam penggunaannya, lanjut Defrizal, radioterapi bisa diberikan sebelum, bersamaan, ataupun setelah pengobatan lain. Seperti yang sudah banyak diketahui, lanjut Defrizal, radioterapi memiliki berbagai efek samping. Dampak penggunaannya bisa bersifat akut, yaitu terjadi setelah mendapat radiasi seperti kulit kemerahan, timbul gelembung, kerusakan kulit, hingga terjadi ulkus atau jaringan nekrotik. Juga, efek lanjutan seperti pengerutan jaringan atau fibrosis, mulut kering, dan pendarahan.

”Efek samping bergantung pada lokasi radiasi, jumlah dosis, luas lapangan radiasi, kondisi tubuh pasien, dan faktor eksternal seperti temperatur dan kelembapan,” tuturnya.

Defrizal mengungkapkan, ada beberapa cara untuk menghindari efek samping akibat radioterapi. Pada radiasi di daerah kepala dan leher, diupayakan menjaga kebersihan gigi dan mulut.
Pasien yang hendak menjalani radiasi di daerah sini, kata dia, sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter gigi untuk memastikan tidak ada masalah pada gigi atau mulut,seperti gigi bolong.

“Mulut merupakan sarang kuman sehingga akan mudah terjadi infeksi kalau tidak bersih,” kata Defrizal.

detail berita

Copy – Paste dari : http://health.okezone.com/read/2012/07/13/482/662746/radioterapi-efektif-atasi-kanker

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: