Kanker Mulut

Published September 26, 2012 by bulbullucu

Apa itu Kanker Mulut?

Kanker mulut adalah kanker yang menyerang pada bagian-bagian mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian.

Kanker mulut merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Bila kanker mulut menyebar (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru.

Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbulnya daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.

Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

kanker-mulut

Penyebab Kanker Mulut

Timbulnya kanker mulut disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan sekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut. Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut.

Terdapat banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker mulut. Berdasarkan beberapa penelitian terdapat faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain :

  • Rokok/Tembakau
  • Minuman beralkohol
  • Perilaku seksual (oral seks)
  • Terkena sinar matahari
  • Riwayat kanker kepala dan leher
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung oksidan

Banyak peneliti yang juga mengatakan bahwa kekurangan makan buah-buahan serta sayuran dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker mulut.

Gejala Kanker Mulut

Beberapa tanda dan gejala yang sering dijumpai pada penderita kanker mulut, anatra lain :

  • Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh
  • Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih
  • Nyeri pada bibir atau mulut
  • Pendarahan di mulut
  • Gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas
  • Sulit atau nyeri saat menelan
  • Benjolan di leher
  • Nyeri pada telinga
  • Pembengkakan di area mulut
  • Adanya rasa panas di area wajah, leher, dan pipi

Anda dapat melakukan pemeriksaan Oral Cancer mandiri dengan mengikuti 7 petunjuk di bawah ini :

  1. Perhatikan wajah anda di depan kaca, pada keadaan normal sisi kiri dan kanan sama ukurannya, bisa terdapat perbesaran/pembengkakan yg terdapat hanya pada salah satu sisi wajah
  2. Periksa kulit wajah, apakah ada perubahan warna
  3. Lakukan penekanan di sepanjang leher apakah ada benjolan dan kekakuan?
  4. Tarik bibir bawah dan lihat apakah ada perubahan warna dan rasa sakit, kemudian raba dan rasakan apakah ada benjolan yg tidak semestinya. Lakukan hal yg sama pada bibir atas.
  5. Buka mulut dan tarik pipi dengan salah satu jari di dalam mulut dan ibu jari di luar , kemudian lakukan pemeriksaan apakah ada perubahan warna, luka serta benjolan yg tidak semestinya.
  6. Kepala di tarik kebelakang dan buka mulut lebar2, kemuadia lakukan perabaan pada dasar mulut apakah ada benjolan serta perubahan warna.
  7. Fiksasi lidah dan perhatikan permukaan dan warnanya, apakah ada perubahan warna, perbesaran. Letakan ujung lidah di langit2 mulut lakukan pemeriksaan terhadap sisi kiri dan kanan lidah serta dasar mulut di balik lidah.

Jika di temukan keadaan yang tidak semestinya segera hubungi dokter gigi dan diskusikan hal tersebut dengan dokter anda. Biasanya keadaan yg tidak sembuh dalam dua minggu memerlukan perhatian khusus.

Pencegahan dan Pengobatan Kanker Mulut

Untuk menghindari terjadinya kanker mulut, biasakan untuk menghindari makanan dan minuman yang masih panas. Jika makanan/minuman masih panas, tunggulah sampai dingin. Selain itu, bersihkan selalu mulut setelah makan. Rajin gosok gigi merupakan cara termudah untuk membersihkan mulut. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga agar kesehatan tubuh terjaga.

Cara pencegahan yang lain adalah dengan menghindari cahaya matahari tuntuk mengurangi resiko terjadinya kanker bibir. Menghindari alkohol dan tembakau yang berlebihan. Memperhalus tepian gigi yang patah atau menambalnya. Selain itu, minumlah vitamin anti oksidan, yaitu vitamin C, dan E, beta-karoten, untuk memberikan perlindungan tambahan.

Namun jika sudah terlanjur terkena kanker mulut, tidak ada cara lain selain mengobatinya. Pengobatan kanker mulut secara medis didasarkan pada seberapa parah kanker mulut dan tingkat penyebarannya. Tahap pengobatan yang umum dilakukan untuk menghancurkan kanker adalah dengan radioterapi, kemoterapi dan pembedahan.

Sumber :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: