Her Last Birthday…

Published September 25, 2012 by bulbullucu

15 Mei 2011, 10 hari sebelum Ibuk meninggal, Pagi hari, aku terbangun dari tidurku, aku sadar aku berada di kamar ku sendiri, di rumah orang tuaku. Kamar ini menyimpan banyak kenangan. Dulu, semasa kita kecil, kamar ini dipakai kakak laki-laki ku. Bapak membuatkan kamar untuknya, karena dia satu-satunya anak laki-laki di keluargaku. Setelah dia menikah, dia pindah bersama istrinya, lalu kamar itu aku pakai, sejak aku duduk di kelas 2 SMA sampai aku memutuskan untuk kerja di Jakarta. Ibuk, sangat dekat dengan kami, ketika aku kerja di Jakarta, kalau beliau kangen, beliau suka tidur di kamar ini, memasang foto-foto ku, agar beliau bisa memandangi wajahku setiap saat. Hal itu beliau lakukan sampai sesaat sebelum dibawa ke RS karena pendarahan hebat di lehernya yang luka parah akibat kanker.

Pagi itu, telpon berbunyi, aku lihat ada nama Ibuk, ternyata yang berbicara adalah perawat Ibuku. Dia bilang, aku harus segera ke RS, Ibuk mencariku, katanya hari ini aku menikah. Ow! menikah?? Haha, itu adalah fantasi Ibuk sendiri. Ya, setiap saat Ibuk mengkonsumsi obat dari RS, yang katanya obat penghilang rasa sakit. Informasi yang kudapat dari internet, obat itu mengandung morphin. Itu yang membuat Ibuk menjadi banyak tidur, berhalusinasi sendiri, dan kalau bicara ngelantur kemana-mana. But It’s OK, kami sangat memakluminya.

Aku langsung buru-buru mandi, sarapan, lalu berangkat ke RS. Oya, tidak lupa aku memberitahu kakak-kakakku kalau hari itu adalah hari ulangtahun Ibuk yang ke 63 tahun. Sebenarnya aku ingin membuat perayaan kecil untuk Ibuk, karena aku tahu, mungkin ini ulangtahun terakhir Ibuk bersama kami.  Ternyata, kedua kakakku berhalangan ke RS, hanya ada titipan dari keponakan-keponakan kecilku, mereka membuat gambar untuk Simbah mereka.

Tiba di RS, aku melihat Ibuk tersenyum, aku ucapkan selamat ulang tahun untuknya. Tak lupa kuberikan titipan gambar dari keponakan. Di gambar itu, ada tulisan “Happy Birthday, Simbah! Semoga cepat sembuh, biar bisa ajarin Bahasa Jawa lagi! Dari Tasha dan Chika”  Ibuk pun tersenyum. Dia tampak bahagia. Langsung ku ambil ponselku, kutelepon mereka, supaya mereka bisa berbicara langsung dengan Ibuk. Sementara itu, aku memasang gambar tadi di atas meja samping tempat tidur Ibuk. Aku ingin semua orang tahu, bahwa hari ini adalah hari bahagianya. Setelah beberapa saat, Ibuk bertanya, “Koko mana?”. Kami biasa memanggil calon suamiku itu dengan sebutan Koko. Aku dan Koko memang berencana akan menikah, tetapi kami ingin Ibuk sehat dulu. Aku pun menjawab pertanyaan Ibuk, “Koko di Bekasi, gak bisa ke sini.” Ibuk pun mulai ngelantur lagi, katanya, ” Gimana,sih kok gak ke sini. Harusnya dia ada di sini.”  Aku hanya bisa tertawa, “sabar,Buk” jawabku.

Siang menjelang sore, Para dokter berkunjung. Seperti biasa, mereka bertanya keluhan Ibuk, cek air seni, cek jadwal obat, dan entah apa lagi yang mereka lakukan. Aku hanya duduk diam di sofa samping Ibuk berbaring. Lalu salah seorang dari mereka melihat ada gambar ucapan ulangtahun karya anak kecil di atas meja. Spontan, dia pun mengucapkan selamat ulang tahun pada Ibuk dan yang lain mengikutinya. Salah satunya bertanya, “Ultah ke berapa,Buk?”. dengan lancar Ibuk menjawab,”ke 63″. Dalam hati aku bersyukur, karena Ibuk ingat umurnya. Kemajuan yang sangat bagus, Ibuk bisa mengingat usia beliau, dan saat itu Ibuk ingat beliau ada di mana.

Hari yang paling membahagiakan, karena aku ada di sampingnya saat itu walaupun dalam hati aku menangis. Yah,setidaknya aku bisa membuatnya tersenyum bahagia di hari terakhir Ibuk merayakan ulang tahunnya bersamaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: